Sabtu, 29 Oktober 2016

Pulang Lebaran dari Jakarta

Setelah saya pergi mudik ke jakarta,saya pun harus pulang ke rumah saya di Medan.Saya pulang ke Medan nggak naik Garuda lagi,tapi saya menggunakan Sriwijaya Air.Kenapa saya tidak menaiki Lion,karena kalau "SJ" biasanya on time.Kalau Lion kan sudah banyak yang tau,gelarnya adalah "Raja Delay".Saya ke Medan menaiki Aircraft 737-800NG,registrasinya PK-CMJ dengan nosename "Kesayangan".Saya boarding tepat pukul 16.00 WIB.Saya tidak sempat foto pesawatnya karena terburu-buru.Saya hanya dapat menjepret wing viewnya aja.Saya nggak inget saya duduk di seat berapa:).Sayangnya karena saya berangkat jam 16.00,jadinya saya nggak dapet sunset lagi;( nggak kayak pas naik A330-200 aka "skydancer".

Saat taxi menuju runway 07R,jadi si "CMJ" ini melewati GMF yang disana banyak pesawat yang udah nggak dipakai,maintenance,dll.Ketika melewati itu,saya pun terkejut karena ada B747 Malaysia Airlines yang retro livery;) (9M-MPP).dan yang paling saya senengnya karena ada KLM 747 yang lagi di maintenance dan saya nggak tau registrasinya.Ada juga Citilink B737.Setelah mengantri lama untuk takeoff dari runway 07R,akhirnya kami pun mendapat giliran untuk lineup and wait.
Dan karena saya naik Sriwijaya tidak ada IFE nya.Jadi saya hanya mendengar lagu lewat handphone saya yang pastinya sebelum boarding saya airplane-mode.Daripada bosan,denger lagu aja,dan saya hanya tidur selama perjalanan menuju ke Medan(KNO)

Segitu aja pengalaman saya saat pulang dari Jakarta untuk berlebaran,maaf hanya singkat.Assalamuallaikum:)

Minggu, 09 Oktober 2016

Libur lebaran di Jakarta,dan pengalaman spotting di CGK

Pada tanggal 4 Juli 2016,saya pergi mudik ke Jakarta bersama keluarga.Saya berangkat menggunakan Garuda Indonesia(GA188),dengan "Aircraft" A330-243 dengan registrasi PK-GPL.

Dengan jadwal keberangkatan pukul 17.00WIB,kami boarding pukul 17.46WIB.Saya sengaja minta no.seat 26A,supaya bisa daapet wing view,sayangnya kalau mau dapet engine view,kita harus duduk di business class seat.Tapi yang penting walaupun nggak dapet engine view yang harus di business class,di syukuri aja duduk di economy yang cuman dapet wing view;).

Sehubungan saya melaksanakan ibadah puasa,jadi saya mendapat
menu berbuka yaitu nasi kuning dengan ayam,dengan minuman jus apel.
Saya sampai di Jakarta itu sekitar pukul 8 malem.Setelah mengambil bagasi,saya pun langsung menuju rumah saudara.

Besoknya saya pun melakukan hobby saya yaitu "Plane Spotting" di Soekarno Hatta International Airport(CGK).Seminggu sebelum berangkat ke Jakarta,saya sudah mengabari teman saya yaitu  Master Abelio Wirayudha(@abeliospotters) dan Master Mahdan(@mmrspotter) untuk menemani saya spotting dan memberi lokasi bagus untuk spotting di CGK.Saya sampai duluan di Bandara Soekarno Hatta,saya janjian di "Wavgal" di terminal 1B.Disitu saya tidak tau boleh atau tidak meloncati pagar pembatas.Jadi hasilnya ada keliatan jaring-jaring di wavgal:(.

Seperti ini pas para Master CGK belum dateng.Setelah lumayan lama menunggu,datanglah Master Abelio dan saya tidak nyangka dia bakal bawa Master lain,yaitu Adhitya(@adhitya_kiaro_w).Setelah mereka datang,mereka langsung aja melompati pembatas wavgal itu tanpa takut:D,walaupun para "Avsec" sedang apel pagi di kawasan wavgal itu.Setelah saya berani melompati pagar pembatas,barulah saya merasa puas dengan hasil jepretan saya;).

Beginilah hasil jepretan saya,hasil dari memanjat pagar pembatas wavgal.Ternyata nggak masalah kita meloncati pagar pembatas itu kata para Mastah CGK:-).Setelah dapet berbagai macam Airline dan Aircraft,kami pun berpindah lokasi menuju ke Terminal 3,bukan yang ultimate ya.Disitu kami mendapatkan fasilitas yang tidak ada di "wavgal"1B.Yaitu AC:-D,di terminal 3 ini tidak ada tempat khusus untuk spotting,hanya karena bangunan itu sebagian besar dari kaca,jadi bisa untuk spotting walaupun kacanya lumayan kotor,view dari terminal 3 ini ada 2 macem.

Ada yang meghadap ke parkiran Garuda di terminal 2.View ini lumayan bagus,bisa dapet takeoff maupun taxi.Tempat ini sangat nyaman untuk spotting,apalagi di terminal 3 ini ada Starbucks,Bakmie GM.Tapi kita disini juga harus menaati peraturan,karena ada batasan imigrasi,jadi kita tidak boleh melewati garis itu.
1 lagi view yang bisa didapat dari terminal 3 ini,yaitu view ke "parkiran" pesawat.Saat saya spotting,hanya dua pesawat yang terparkir,hanya AirAsia Indonesia(PK-AXY) dan Lion Air (PK-LFF).Saat kami sedang spotting di terminal 3,ada Mastah SUB yang ngabarin pengen spotting bareng.Mas Rizki (@rzki23) kebetulan juga lagi di Jakarta,sekalian aja spotting bareng,dan saya dapet kesempatan spotting ama "Spotter Ganteng" yang tinggalnya di Surabaya.Setelah lumayan lama kami spot di terminal 3,kami pun iseng balik ke wavgal 1B.Karena saya dijemput di terminal 1B,setelah kurang lebih 7 jam saya spotting di CGK,saya pun dijemput oleh orangtua saya.Itu sekitar jam 2an.Lagi pula sorenya saya ada bukber bareng keluarga saya.Itulah cerita perjalanan mudik saya ke Jakarta dan pengalaman spotting di CGK,walaupun blum bisa spot dari "warung":( .Sekian dari saya.Terima kasih banyak semua telah membaca artikel saya dan terima kasih sudah membuka blog saya ini.Assalamuallaikum;)

Semua "Master" yang saya sebutin bisa difollow ya instagramnya;).
-@abeliospotters
-@mmrspotter
-@adhitya_kiaro_w
-@rzki23

Sabtu, 24 September 2016

Pengenalan

Halo semuaaaaa,Perkenalkan nama saya Rayyan Andra Ardiansyah.Saya spotter dari Kualanamu/KNO/WIMM.Disini saya akan menunjukkan beberapa jepretan saya selama menjadi spotters.Kalau mau melihat yang lain bisa melihatnya di instagram saya di:@rayyan.andra,saya juga akan mengupload beberapa foto saya di blog ini.Camera yang saya pake belum "ngeri",yaaaa namanya masih newbie :).Saya juga punya channel youtube.yaaaaa,masih belum terlalu bagus sih.Search aja Rayyan Andra di youtube,jangan lupa like and subscribe yaaaa;)

Apa itu Avgeek?Avgeek adalah sebuah hobi tentang aviasi atau "pesawat-pesawatan".Saya menjadi avgeek belum terlalu lama,baru sekitar 9-10 bulanan.

Kalau Spotter itu apa?Spotter adalah sebutan bagi kami untuk pemotret pesawat,kalau kegiaran spotter itu disebut "spotting".Emang aneh sih,diliatin orang orang,buat apa foto2 pesawat?yaaaaaa,mau gimana lagi,udah terlanjur hobi:).

Kalau di KNO sendiri ada tempat buat spotting,kalo spotter medan nyebutnya "Pondok".Kalau pondok itu sebenarnya mirip ama "Warung CGK",tapi bedanya kalau di "Pondok" itu nggak dari semen bangunannya,"Pondok" itu dibikin dari kayu dengan atap daun kelapa saja.Tapi lokasi "Pondok" itu lumayan deket lah dari runway.Kira kira 3 meteran lah.Ini hasil jepretan saya dari Pondok.
Kalau dari pondok ini,lebih mantep gambarnya.karena nggak ada halangan apapun.Walaupun lokasi pondok ini sangat dekat dengan runway atau kawasan bandara,nggak masalah kok,walaupun ada AVSEC yang patroli,nggak ada masalah kok:)

Sebelum saya tau pondok,saya spotting dari parkiran bus yang disediakan oleh Kualanamu.Tapi hasilnya ya gitu.banyak pohon yang halangin.Ini hasil fotonya.
Kalau dari parkiran bus ini banyak pohon,jadi kurang mantep hasilnya;)

Kalau lagi males spotting di pondok ,saya juga sering spotting dari dalem terminalnya Kualanamu kok,tapi masalahnya kalau spotting dari dalem terminal,kan kalian tau kalau Kualanamu itu sebagian besar kaca,jadi ya untung untungan.Kadang kadang kotor kacanya,kadang kadang bersih.Itu resikonya kalau spotting dari terminal.Ini hasil jepretan saya dari terminal.

Terima kasih semua telah membaca blog saya ini,kalau mau nanya nanya spotting di KNO,Insyaallah bisa saya bantu.Sekali lagi terima kasih semua,sorry kalau masih kurang bagus blognya.Karena baru belajar bikin:),silahkan beri saran dan kritik agar saya bisa memperbaiki blog ini.Terima kasih:)